11 Desember 2008

Model Peranan

Gambaran Umum
Aktifitas ini adalah cara yang menarik untuk merangsang diskusi tentang nilai dan sikap. Siswa diminta untuk mencalonkan seseorang yang mereka lihat dikenal baik sebagai model peran dari hubungan karakter dengan pokok pembicaraan yang sedang dipelajari di kelas.

Tatacara
1. Membagi siswa kedalam lima atau enam sub kelompok, dan memberi setiap kelompok lembaran cetakan berita dan alat tulis.

2. Meminta setiap grup untuk mengidentifikasi tiga orang yang akan mereka identifikasi sebagai perwakilan dari materi dibawah diskusi. Di dalam musik, sebagai contoh, mereka mungkin memilih Ariel Peterpan, Afgan, dan Mulan Jameela.

3. Setelah mereka mengidentifikasi tiga orang yang dikenal dengan baik, suruh mereka untuk membuat daftar karakteristik dari tiga yang mereka punya secara umum yang memenuhi syarat mereka sebagai contoh atau model peranan untuk materi sebelum diskusi. Mereka menulis daftar orang dan krakteristiknya dalam cetakan berita dan menempatkannya di dinding.

4. Mengumpulkan seluruh kelas dan membandingkan daftar, meminta setiap kelompok untuk menjelaskan mengapa mereka memilih orang tersebut.

5. Pimpin kelas kedalam diskusi dari pendapat yang bermacam – macam diantara siswa.

Variasi
1. Daripada mengutip orang nyata, suruh siswa untuk memilih karakter fiksi.
2. Berikan setiap sub kelompok daftar yang spesifik dari orang yang mewakili sebagai materi dibawah diskusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)