06 Januari 2009

Proposal Skripsi / Tugas Akhir

Download Versi Dokumennya disini

1. Latar Belakang Masalah

Komunikasi adalah salah satu hal vital dalam pendidikan. Seorang pendidik, guru atau dosen, melakukan komunikasi dengan siswa / mahasiswanya ketika proses belajar mengajar. Dengan komunikasi yang efektif, maka transfer ilmu dan nilai bisa berjalan efektif pula. Begitu pula sebaliknya, jika komunikasi tidak efektif, maka transfer ilmu dan nilaipun tidak akan optimal. Dampak yang terjadi misalnya siswa menjadi lambat dalam memahami pelajaran. Yang lebih membahayakan lagi apabila terjadi missinterpretasi. Siswa salah dalam memahami maksud dari guru sehingga yang siswa pahami justru suatu hal yang salah.

Ada kalanya kegiatan belajar mengajar (KBM) dihadapkan pada materi yang tidak dapat dilakukan eksperimennya. Misalnya suatu percobaan membutuhkan waktu terlalu lama atau terlalu mahal. Pada saat seperti inilah diperlukan alat bantu pengajaran, salah satunya adalah pembelajarn menggunakan animasi interaktif.

Misalnya, kadang kala siswa kesulitan dalam melakukan abstraksi terhadap materi gerak lurus berubah beraturan pada pembelajaran fisika. Siswa kesulitan membayangkan seperti apa gerak mobil yang memiliki kecepatan dan percepatan tertentu. Dan ketika ingin melakukan penelitian, terdapat kendala dalam mempraktikkannya di laboratorium. Hal ini mendorong peluang bagi para pengembang software – software animasi untuk membantu dalam memvisualisasikan materi pelajaran tersebut dalam bentuk animasi materi pelajaran secara interaktif. Namun sayangnya, banyak guru / dosen tidak bisa menggunakan software – software tersebut. Sehingga pembelajaranpun kurang berkembang dan tidak inovatif. Kebanyakan guru dan dosen baru bisa menggunakan software – software presentasi yang baru sanggup menampilkan materi pelajaran secara statis.

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dalam tugas akhir ini masalah yang dirumuskan adalah penggunaan animasi pendidikan dalam memvisualisasikan materi pelajaran.

3. Batasan Masalah

Sesuai dengan rumusan yang telah dipaparkan, maka batasan yang diberlakukan dalam tugas akhir ini adalah penggunaan animasi pendidikan dalam memvisualisasikan materi pelajaran ilmu pengetahuan alam pada jenjang sekolah menengah atas. Animasi pendidikan digunakan untuk mempermudah para siswa dalam memahami materi – materi yang berhubungan dengan penelitian yang sulit dan tidak dapat dilakukan. Bahasan tidak mencakup cara menggunakan software – software animasi dan spesifikasi perangkat keras yang digunakan.

4. Tujuan penulisan Tugas Akhir

Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengimplementasikan penggunaan animasi pendidikan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Hasil yang diharapkan adalah animasi pendidikan yang digunakan untuk menjelaskan materi pelajaran yang bersangkutan.

5. Metodologi Penyusunan Tugas Akhir

Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah

1. Tinjauan pustaka, mempelajari buku, artikel, dan situs yang terkait dengan penggunaan animasi pendidikan.

2. Wawancara, melakukan studi dengan metode wawancara kepada dosen atau pun praktisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.

3. Pengumpulan data, mengumpulkan data-data yang terkait dengan animasi pendidikan.

4. Implementasi, mengimplementasikan penggunaan animasi pendidikan untuk materi materi pelajaran yang bersangkutan.

5. Penulisan tugas akhir, dimulai dari pembuatan proposal sampai dengan pembuatan kesimpulan dari implementasi penggunaan aniamsi pendidikan yang telah dilakukan.

6. Sistematika Penulisan Tugas Akhir

Penulisan tugas akhir ini tersusun dalam 5 (lima) bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I Pendahuluan

Bab Pendahuluan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penyusunan tugas akhir, metodologi, dan sistematika penyusunan tugas akhir.

BAB II Dasar Teori

Dasar Teori berisi beberapa teori yang mendasari penyusunan tugas akhir ini. Adapun yang dibahas dalam bab ini adalah teori yang berkaitan dengan animasi pendidikan.

BAB III Desain Sistem

Pada bab ini diuraikan deskripsi dan desain perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Desain perangkat lunak meliputi Software Requirement pecification (SRS) dan Software Design Specification (SDS).

BAB IV Implementasi dan Pembahasan

Berisi implementasi dan evaluasi terhadap software metrics yang telah diterapkan dalam proses pembuatan perangkat lunak.

BAB V Penutup

Bab Penutup berisi Kesimpulan dan Saran.


Download Versi Dokumennya disini

1 komentar:

  1. bisnis online gratis.
    tanpa resiko.... asik internetan dibayar lagi ....
    hehhehhe

    BalasHapus

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)