22 Desember 2010

Mounting Partisi Lain Secara Otomatis di Ubuntu

Buat yang udah baca postingan yang sebelumnya, wajib baca ini biar enggak salah jalan.. :D
Sebagian dari kita mungkin memiliki 2 (atw lebih) sistem operasi di kompi kita. Kebanyakan mah Ubuntu (GNU/Linux) atau Windows. Terkadang kita menyimpan dokumen dokumen seperti lagu, gambar, dll di partisi ntfs atau partisi yang lain agar data tersebut terbaca di sistem operasi lain.


Nah masalah yang sering dihadapi adalah, partisi tersebut tidak termounting secara otomatis. Jadi kalau misalkan kita sudah punya daftar playlist di audacious (pemutar musik), sedangkan file lagu di playlist tersebut ada di partisi yang belum termounting, maka lagunya tidak ada bisa langsung di putar. Memang cara untuk memounting cukup mudah, tinggal buka nautilus trus klik partisi yang belum termounting. Tapi hal itu kadang menjengkelkan terutama kalau kita udah ngebet dengerin lagunya.. :)

Pertama, kita cari tahu dulu partisi yang termounting dengan ketik di terminal :
mount -v
perintah tersebut akan menghaliskan daftar partisi yang termounting ... kalau di kompi saya yang akan saya mounting otomatis adalah ini
partisi yang akan saya mounting
yaitu /dev/sda2 dan /dev/sda5.
untuk /dev/sda2 akan di mounting otomatis di /media/Data dan /dev/sda5 akan di mouting otomatis ke /media/Master.

nah, kalau sudah di tentukan, unmount partisinya. Kalau di saya karna ada dua yang akan di unmount, maka perintahnya.
umount /media/Master
umount /media/Data
atau
umount /dev/sda2
umount /dev/sda5
Setelah di unmount, maka folder Data dan folder Master akan menghilang dari /media. maka saya harus membuatnya secara manual dengan perintah :
sudo mkdir /media/Data
sudo mkdir /media/Master
lalu disinilah perintah utamanya. Kita akan mengubah fstab dengan perintah
sudo nano /etc/fstab
lalu saya masukkan kedua baris kalimat berikut ke dalamnya (paste di baris terakhir)
/dev/sda2 /media/Data ntfs default 0 0
/dev/sda5 /media/Master ntfs default 0 0
Beres deh... dan restart...

nb:
/dev/sda2, /dev/sda5, /media/Data, dan /media/Master di ganti sesuai kebutuhan di kompi kamu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)