15 Februari 2011

Mary And Max, film lama tapi baru ditonton, dan gak kalah kerennya ...

"Max's mother had told him that babies come from eggs that are hatched by rabbis if you are Jewish, Catholic nuns if you are Christian, and prostitutes if you are an atheist."
itu adalah salah satu adegan di Film Mary and Max yang ditulis oleh Adam Elliot. Sebuah kalimat yang bisa bikin tersenyum senyum kecil, meski sepertinya sedikit rasis sih. Tapi yang bikin senyum cukup lama adalah Mary yang selalu berfikir bahwa setiap bayi itu ditemukan di bawah gelas bir. Yah, beginilah, Film Mary and Max yang baru saya tonton beberapa hari yang lalu.

Film ini udah cukup lama di rilisnya sih, taun 2009 kalo gak salah mah, hehe,,, jadi saya udah telat 2 tahun nonton film ini. Filmnya lumayan sedih, nyeritain persahabatan pena antara Mary ama Max yang berlangsung ampe berpuluh - puluh tahun. Keduanya sama sama gak punya teman. Hm, kebayang gimana sepinya hidup mereka kalo gak ada teman.

Max

Max berumur 44 tahun dan bertempat tinggal di New York. Ia adalah seorang penderita Asperger Sindrome. Kalo udah pernah nonton film My Name Is Khan pasti tahu. Jadi Asperger Sindrome itu adalah gejala autis dimana penderitanya bakal susah berkomunikasi ama lingkungan sekitar. Hampir setiap kali max menerima surat dari Mary, ia selalu merasa ketakutan yang amat sangat. Surat surat balasan dari Mary mengingatkannya akan masa masa suramnya dulu. Emang Masa lalunya Max sampe saat itu hampir suram semua sih.

Mary
Mary adalah gadis kecil berumur 8 tahun yang tinggal di pinggiran kota Melbourne dan bernama panjang Mary Daisy Dinkle. Ibunya Mary seorang alkoholik. Dan dari perawakannya keliatan galak. Surat balasan dari Max sempat dibuang ke kotak sampah ama ibunya, tapi akhirnya ketemu lagi ama Mary, dan selanjutnya Max mengirimkan surat ke Mary lewat alamat tetangganya, seorang veteran Perang Dunia II yang mengidap penyakit agoraphobia, yaitu penyakit yang takut kalo tidak ada bantuan disekitarnya, biasanya takut kesepian atau takut berada di keramaian.

Namun pada akhir cerita, tetangganya 'menyelamatkan' nyawa Mary yang saat itu hampir bunuh diri karna tidak ada balasan surat dari max. Tetangganya mengalahkan penyakitnya itu dengan menyebrang jalan dan mengingatkan Mary akan adanya sebuah paket di depan pintu rumahnya.

Film yang dibikin oleh Adam Elliot ini dibuat dengan teknik stop-motion (clay-animation), yaitu teknik membuat film dengan memanipulasi objek objek nya agar terlihat bergerak. Kalo Clay-Animation sendiri merupakan salah satu jenis stop-motion ini. Clay dalam bahasa Indonesia artinya kan tanah liat. Jadi jenis stop-motion ini menggunakan objek tanah liat. Wah, bakal ribet bikin tanah liat bergerak gerak ampe ribuan bahkan jutaan frame buat jadi satu film utuh. :)

Salah satu film dengan teknik pembuatan yang kayak begini yang saya inget dulu adalah film "Chicken Run". Dulu mah liatnya di TV. Kalo dulu emang banyak sih film dengan teknik ginian, tapi lupa lagi judul judulnya. Kalo nonton film teknik ginian, bawaannya bakal inget ama masa masa kecil, dunia jadi terasa singkat dan kecil.

Ada yang ketinggalan ampe 2 tahun buat nonton film ini? dapatkan kaset dan DVD nya di Gramedia atau tokok terdekat yang masih jual.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)