19 Juni 2011

KaKa'eN, Kata Pengantar

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan akademik yang dilaksanakan di tengah kehidupan sosial masyarakat, terutama di wilayah pedesaan. Mahasiswa peserta KKN diperkenalkan secara langsung dengan masyarakat dan permasalahannya yang kompleks. Sambil belajar, para mahasiswa sekaligus mengaplikasikan pengetahuannya sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Melalui KKN, mahasiswa diharapkan selain menjadi calon sarjana yang mempunyai kompetensi sesuai keilmuannya, juga menjadi calon sarjana yang populis, generalis, dan mempunyai kepedulian terhadap problem-problem kemasyarakatan.

Beurat...!!! be calm, paragraf diatas cuma copypaste dari sini kok.

KKN sebentar lagi. Bagi UPI, a leading and outstanding university, ini adalah KKN paling beda dari KKN KKN sebelumnya,, ini adalah kali pertama KKN dengan tempat yang bisa dipilih sendiri oleh mahasiswanya. Dengan mendaftar ke http://kkn.lppm.upi.edu/ lalu pilih tempat yang tersedia. Asik gak asik, rame gak rame,, tapi ya beginilah. Sistem mencoba mencari hal baru yang lebih asik menurut mereka... :P


Pemilihan tempat KKN dimulai tanggal 10 Mei 2011, eits.. tapi ternyata itu masih ujicoba, jadi di ulang lagi tanggal 11 Mei 2011 meskipus pada akhirnya pun server UPI down. ah,,, how this could happen. server yang menganggat web yang katanya membuat upi masuk dalam daftar 10 besar webometric bisa down?? Tapi bisa aja si, mungkin salah satu pemuda ini penyebabnya.. 
Mwehehe.....

Satu hal yang menyebalkan dari sistem ini adalah bahwa kita gak sepenuhnya memilih. Tapi kita disediakan beberapa pilihan yang justru gak sesuai keinginan.

Ada 7 Program KKN , Posdaya, Paud, Kewirausahaan, Lingkungan Hidup, Pengurangan Resiko Bencana, Kearifan Budaya Lokal, dan Manajemen Berbasis Sekolah. Saya sendiri dapat program Kearifan Budaya Lokal,, yeah.

Padahal pilihan yang seharusnya sesuai dengan jurusan saya adalah MBS. Jika sudah penuh, geser ke PAUD, lalu geser ke Posdaya yang memiliki 250an tempat. Jadi untuk masuk ke program Kearifan Budaya Lokal, butuh sedikit keberuntungan... :)
Menunggu Pilihan MBS Habis
Gambar diatas, diambil saat pilihan MBS akan habis dan menunggu pilihan apa yang akan muncul selanjutya. Hampir setiap menit halaman ini di refresh agar tidak keduluan orang memilih tempatnya. Soalnya kalo udah 10 orang atau ada teman dari jurusan yang sama memilih tempat itu. Tempatnya menghilang dari daftar dan kita kehilangan kesempatan itu.

Tapi daripada nge refresh susah susah, pake Extention Auto Refresh dari google chrome,,,
Auto Refresh,,, o yea...
Dan hasilnya menakjubkan, begitu masuk daftar tempat baru,,, sepertinya server sedikit down atau apalah. Muncul pilihan garut di dalam daftar, saya klik, dan saya pilih. Yosh!!! akhirnya KKN di garut dengan program Kearifan Budaya Lokal.
my choice
Terserah apa kata pak camatnya nanti. Orang Jawa,, dari Lampung,, kuliah di kerumunan orang Sunda, dan KKN nya malah Kearifan Budaya, Lokal pula.

1 komentar:

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)