18 September 2011

hei Margaluyu, hei Burayot,,

Kemarin kawan kawan dari KKN ngajakin buat silaturahmi ke desa KKN di Margaluyu, Garut. Dari sembilan orang anggota KKN, cuma 5 yang akhirnya berhasil ikut, itupun akhirnya berkurang 1 karna gak ikutan nginep. Ada gue, lutfi, uty, dan hilmi. Lutfi dan uty berangkat naik motor, sdangkan gue dan hilmi harus di oven di mobil elep sampe ke Leles karna gak ada motor yang bisa di pinjem, ngenes.

Di Margaluyu, kita nginep di rumah Bu Apoy. Tetangga posko yang paling 'bageur'. Anaknya suami anggota brimob, dan baru aja punya cucu sebulan yang lalu.


Satu yang ditunggu - tunggu di Margaluyu adalah Burayot. Makanan khas garut dengan bahan utama gula aren dan tepung beras serta santan. Bahan tersebut di campur menjadi adonan yang kemudian di goreng dengan minyak yang cukup banyak dan dibentuk dengan khas menggunakan bambu.

Burayot dari Ibunya Ahmad... 

Burayot emang kalah tenar kalo dibandingin ama dodol garut. Orang lebih mengenal garut dengan oleh - olehnya dodol, jika di bandingkan dengan burayot. Meskipun kalah tenar, tapi masalah rasa mah gak kalah.

Kalau tempat penjualannya di garut saya kurang tau banyak. Saya hanya tau di depan pintu masuk Situ Cangkuang ada warung yang menjual burayot. Tapi entah buka pada hari apa saja. Burayot memang susah di dapatkan. Kata tetangga posko kkn dulu mah, kalau mau burayot harus pesen dulu pada yang membuatnya. Tapi rata - rata ibu rumah tangga di Margaluyu bisa membuat burayot.

Patut di coba. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)