09 Desember 2011

Tentang Game

Beberapa minggu terakhir lagi seneng banget ngulik - ngulik buat nge develop game mobile. Semenjak beli buku (di postingan ini) jadi lebih sering lagi cari tahu tentang dunia game mobile. Sebenarnya saya sendiri bukan seorang gamer sejati yang suka maen game sampe berjam - jam atau berhari - hari. Game paling lama yang pernah dimainin itu Super Mario Bros. Bertahun - tahun main game itu waktu jaman SD. Dan game terakhir yang sering dimainin, GTA III. Ada sih game game lain yang juga dimainin, tapi sepertinya cuma 2 game itu yang sempet bikin saya jadi game freak untuk beberapa saat.

Daripada Main Game, Mending Bikin Game.

Pernyataan diatas ada benernya, ada salahnya juga. Salahnya ya, kalau mau bikin game, harus punya pengalaman dalam bermain game. Dan benarnya, banyak. :)
Hampir 3 tahun yang lalu saya pernah bikin game tik tak toe di flash yang saya posting disini (awas tulisannya masih rada alay). Dan itu jadi game yang pertama kali di buat.



Pertama belajar tentang flash juga sebernya dari game, dari ngulik - ngulik actionscript di game - game flash yang ada di internet.

Game pertama yang dibuat itu menghabiskan waktu sampai berminggu - minggu. Namanya juga masih belajar, dan dibikin sendiri. Karena kalau mau bikin game yang rada advance, gak cukup dibuat sendiri oleh 1 orang. Sebaiknya terdiri dari banyak orang, dengan yang lain sebagai designer game, pengatur musik, dan desain grafisnya. Sehingga game yang dihasilkan bisa lebih berkualitas. Makanya kalau saya bikin game sendiri, pasti grafisnya kacau. Yah, maklum pelajaran menggambar  dulu dapet nilai 6 (baca: enam) :P

Flash game sebenarnya bisa dimasukkan ke mobile device. Tapi cuma device yang mendukung flash player atau flash lite. Selain itu, bisa menggunakan teknologi lain seperti Java. Teknologi yang saya ulik sekarang yaitu Qt. Sebuah SDK (Software Development Kit) untuk membangun aplikasi di perangkat dengan sistem operasi Symbian atau Meego.

Yah, semoga game yg saya buat bareng temen saya, Djati, lekas beres buat diikutin di Game Developer War tahun ini. :)

p.s. :
beberapa hari yang lalu saya coba bikin game dalam waktu 1 jam buat ngelatih kecepatan ngoding. Dan hasilnya, niceless. Gamenya pake AS3 dan PHP buat nyimpen data skor di SQL. Bisa dimainin dibawah sini, tapi tunggu sampe load gamenya beres.

4 komentar:

  1. Sampai level 3 doank *nyalahin klik kiri mice yang suka galat

    BalasHapus
  2. Kalau bicara mobile, mau di platform manapun (iOS, Android, WP7, you name it) yang paling gede revenue-nya itu Game. Jadi ya, there's an opportunity on it.

    Di timeline twitter saya ada beberapa Game Developer. Beberapa term ini mungkin bisa digunakan untuk starting point mengenai dunia game mobile:


    - Blaast (cloud platform untuk featured phone, mereka lagi push sekali di pasar Indonesia)
    - GameDevID (komunitas game developer lokal)

    Dan banyak lagi sih. Saya post dua yang saya tahu saja, dari sana juga pasti banyak lagi yang bisa dicari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks kang,,
      saya juga suka ngikut di kegiatan GameDevID. Forumnya juga. :D

      Hapus

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)