05 Desember 2010

Ganti tampilan grub dengan burg di ubuntu

Kemaren malem ngulik ngulik maverick ama temen temen di lab virtual. Pas ngeliat tampilan grub punya temen rada takjub.. lebih bagus dibandung grub yang saya miliki. Jadi iri? iya donk,, haha.. akhirnya tanya itu pake apaan. Ternyata eh ternyata itu bukan grub, tapi burg. Loh, cuma di balik doank,, grub ~ burg. Ternyata ada yang seperti itu. Burg itu singkatan dari Brand-new Universal loadeR from GRUB, *sedikit maksa* :p

tampilan burg di laptop saya
Okay, kita langsung coba praktekan ... perhatikan langkah dengan
seksama ya,, :D

  1. Buka terminal, trus tambahkan PPA dari burg'nya
    sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg

  2. Update Repositori
    sudo apt-get update

  3. Download Burg dan Temanya
    sudo apt-get install burg burg-themes

  4. Install Burg ke MBR
    sudo burg-install "(hd0)"

    Kalo diinstall di drive yang lain, silahkan ganti bagian "(hd0)" nya.

  5. Update Burg
    sudo update-burg


Nah, sudah beres. Simpel kan... kalo mau nyoba, silahkan restart komputer kamu. tapi sebelumnya, kita juga bisa melihat tampilan burg di komputer kita dengan perintah :

sudo burg-emu

nah, bakal keluar deh tampilan burg kita. untuk mengubah temanya, tekan f2, lalu pilih tema yang diinginkan trus enter.

Kalau saya memulih tema ubuntu2, dan saya edit gambar background yang ada di /boot/burg/themes/ubuntu2/desktop.png sesuai dengan kehendak hati, biar rada narsis dikit lah... :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)