14 Februari 2012

PPL, tak hanya sekedar belajar menjadi guru.

Efek dari Program Pengalaman Lapangan bagi saya tidak hanya tidak hanya bagaimana cara menjadi guru, mendidik siswa dengan baik, dan belajar penguasaan kelas. Tapi yang lebih dari itu adalah bagaimana menghargai setiap waktu disela - sela PPL itu sendiri.

Saya ingat betul ketika masih SMA dulu. Bersekolah dari hari Senin hingga hari Sabtu. Dan hampir selalu pulang sore karna ditambah kegiatan Pelatihan Olimpiade, ekstrakulikuler, dan Bimbingan Belajar. Waktu yang cukup luang mungkin hanya Sabtu sore dan hari Minggu. Itu pun kalau tidak ada pelatihan untuk menghadapi Olimpiade Sains. Sedangkan malam harinya digunakan untuk ngulik komputer dan istirahat.

Tapi dengan padatnya jadwal SMA, rasanya setiap yang dilakukan tidak ada yang sia - sia. Buktinya, meskipun masa - masa SMA hanya 3 tahun, tapi ada banyak kenangan yang numpuk di serebrum.

Di program PPL saya kembali ke SMA, tapi tidak lagi sebagai siswa, namun sebagai calon guru. Berangkat sangat pagi, dan pulang setelah lewat siang. Hal itu semoga membuat saya jadi lebih disiplin, karna saya sendiri masih newbie dalam hal itu. Semoga ada banyak pelajaran dan pengalaman menarik yang bisa di ambil sebelum memakai toga. :)

1 komentar:

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)