01 April 2012

karena latihan itu ...

Tomi sering berbohong (jangan ditiru). Dia hanya jujur sehari dalam seminggu. Satu hari dia berkata: "Aku berbohong pada Senin dan Selasa". Pada hari selanjutnya dia berkata: "Hari ini adalah salah satu dari hari Minggu, Sabtu atau Kamis". Pada hari selanjutnya dia berkata: "Aku berbohong pada hari Jum'at dan Rabu ". Pada hari apa dia berkata jujur?

Pertanyaan diatas adalah salah satu dari soal Olimpiade Sains Komputer Kabupaten/Kota tahun 2011. Saya menemukannya ketika sedang membimbing Tim Olimpiade Sains Komputer sekolah di SMAN 5 Bandung. Memang sudah 4 tahun saya tidak lagi berkutat dengan soal - soal olimpiade. Namun ketika diberi amanah oleh guru pamong untuk membimbing tim olimpiade, saya mengiyakannya.

Soal - soal olimpiade sains komputer terdiri dari soal aritmatika, analitika, logika, dan algoritma. Ketika SMA dulu, hampir setiap Senin dan Kamis latihan olimpiade dengan membahas soal - soal seperti itu. Sering saya berfikir hal tersebut membosankan. Menghitung soal dengan jenis yang sama, hanya diganti dengan angka yang berbeda - beda.

Tapi begitu memasuki dunia perkuliahan, saya sadar. Saya tidak akan menjadi seperti sekarang ini tanpa proses berulang - ulang yang disebut 'latihan'. Tanpa sadar latihan - latihan yang sering saya lakukan saat jaman SMA dulu tersimpan dalam 'long therm memory' sehingga saya tidak lupa bagaimana mengerjakan soal olimpiade ketika membimbing tim olimpiade komputer seperti sekarang.

Dan latihan - latihan itu sangat membantu saya sekarang ini ketika saya akan belajar bahasa pemograman baru, atau sekedar mengerjalan beberapa aplikasi web dan flash games pesanan orang.

Terimakasih untuk Bapak Jumiran, S. Pd yang dulu membimbing saya dengan kedisiplinan tinggi. Ilmunya sungguh sangat bermanfaat sampai sekarang. Dan semangat untuk adik - adik SMA yang akan menghadapi Olimpiade Sains Kabupaten. Lompatan awal kalian dimulai 2 hari lagi .. :)

1 komentar:

  1. aa nyaaah itu looo jawabannya apaaaa??? :DD
    *penasaraan tp gk nemuuu terus* hhhuuu

    BalasHapus

silahkan komentarnya ... tapi yang lebih dari sebulan, harus saya moderasi dulu ya,, biar gak kelewat... :)